Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dengan Menggunakan Strategi Numbered Heads Together Disertai Stategi Bermain Jawaban Pada Siswa SMP Kelas VII Mata Pelajaran Biologi Tahun Ajaran 2012/2013

Aulia, Ikhra and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dengan Menggunakan Strategi Numbered Heads Together Disertai Stategi Bermain Jawaban Pada Siswa SMP Kelas VII Mata Pelajaran Biologi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (441kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi.pdf

Download (289kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMPIT Nur Hidayah Surakarta melalui penerapan Strategi Numbered Heads Together (NHT) yang disertai dengan Strategi Bermain Jawaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPIT Nurhidayah Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data keaktifan siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan persentasenya sebesar 31%. Sedangkan dari hasil penerapan Strategi Number Heads Together (NHT) yang disertai dengan Strategi Bermain Jawaban pada siklus I persentase keaktifan siswa meningkat sebesar 59%, siklus II mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 83%. Kemudian untuk data hasil belajar siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan persentasenya sebesar 21%. Sedangkan dari hasil penerapan Strategi Number Heads Together (NHT) yang disertai dengan Strategi Bermain Jawaban pada siklus I persentase hasil belajar siswa meningkat sebesar 66%, siklus II mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 83%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Strategi Number Heads Together (NHT) yang disertai dengan Strategi Bermain Jawaban dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi pada siswa kelas VIIC SMPIT Nur Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: numbered heads together, bermain jawaban, keaktifan, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2013 10:31
Last Modified: 26 Oct 2021 15:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25131

Actions (login required)

View Item View Item