Peningkatan Hasil Belajar Materi Kepadatan Populasi Dan Pengelolaan Lingkungan Dengan Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahunajaran 2012/2013

Restyawan, Evan and , Drs. Sumanto (2013) Peningkatan Hasil Belajar Materi Kepadatan Populasi Dan Pengelolaan Lingkungan Dengan Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahunajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (636kB)

Abstract

Tujuan penelitian meningkatkan hasil belajar materi kepadatan populasi dan pengelolaan lingkunganmelalui metode pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan pembelajaranStudent Team Achievement Divisionyang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Metode yang dipakai adalah metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Parameter yang diukur dalam penilaian afektif dan kognitif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rerata kognitif siswa pada siklus I tidak meningkat menjadi49,69 dari nilai awal sebesar 51,54; sedangkan nilai rerata afektif sebesar 6,49 (termasuk kategori kurang berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 59,38 dari siklus I 49,69; sedangkan nilai rerata afektif meningkat menjadi 14,00 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus III meningkat menjadi 70,93 dari siklus I 59,38; sedangkan nilai rerata afektif meningkat menjadi 15,34 (termasuk kategoriberminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Student Team Achievement Divisiondapat meningkatkan hasil belajar IPA materi kepadatan populasi dan pengelolaan lingkungansiswa kelas VII CSMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaranstudent team achievement division, hasil belajar (aspek kognitif)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2013 10:11
Last Modified: 26 Oct 2021 15:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25129

Actions (login required)

View Item View Item