Minat Siswa Untuk Menjadi Guru Ditinjau Dari Prestasi Belajar Dan Pendapatan Orang Tua Pada Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limpung, Batang Tahun Ajaran 2012/2013

Ady, Kurniya and , Drs.Sudarto HS. MM and , Drs.Sriyono,M.Pd (2013) Minat Siswa Untuk Menjadi Guru Ditinjau Dari Prestasi Belajar Dan Pendapatan Orang Tua Pada Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limpung, Batang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (851kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar dapat mempengaruhi minat siswa untuk menjadi seorang guru. 2) Untuk mengetahui apakah pendapatan orang tua dapat mempengaruhi minat siswa untuk menjadi seorang guru. 3) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar dan pendapatan orang tua dapat mempengaruhi minat siswa untuk menjadi seorang guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MA Muhammadiyah Limpung, Batang. Sampel diambil sebanyak 87 siswa karena jumlah siswa dibawah 100. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: belajar akuntansi. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linier sebagai berikut Y = 65,712 + 0,131X1 + 0,469X2, Persamaan menunjukkan bahwa minat siswa untuk menjadi seorang gurudipengaruhi oleh prestasi belajar dan pendapatan orang tua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Prestasi belajar berpengaruh positif terhadap minat siswa untuk menjadi seorang guru dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, 2,492 >2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006dengan sumbangan relatif sebesar 30% dan sumbangan efektif 13,65%. 2) Pendapatan orang tua berpengaruh positif terhadap minat siswa untuk menjadi seorang guru dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 3,762 >2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 70%dan sumbangan efektif 31,85%. 3)Prestasi belajar dan pendapatan orang tua secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat siswa untuk menjadi seorang guru dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 42,619 >3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000.Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,455 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh prestasi belajar dan pendapatan orang tua terhadap minat siswa untuk menjadi seorang guru adalah sebesar 45,5%, sedangkan sisanya 44,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, pendapatan orang tua, dan minat siswa untuk menjadi guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2013 07:38
Last Modified: 30 Oct 2021 05:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25121

Actions (login required)

View Item View Item