Pengaruh Disiplin Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta Tahun 2012/2013

Novitasari, Eva and , Dr.Suyatmini,SE.,M.Si and , Drs.Djalal Fuadi,M.M (2013) Pengaruh Disiplin Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (303kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta, (2) untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta dan (3) untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta. Metode penelitian pada penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Surakarta dengan subjek penerima tindakan adalah seluruh siswa kelas XI ekonomi tahun ajaran 2008-2009 yang berjumlah 240 siswa dan sampel yang diambil sejumlah 142 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta dan Fasilitas belajar juga bepengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta. Disiplin belajar dan fasilitas belajar secara bersamasama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta. Hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi disiplin belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 43,00% dan sumbangan efektif 8,29%, sedangkan variabel fasilitas belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 56,91% dan sumbangan efektif 10,98%. Total sumbangan variabel disiplin belajar dan fasilitas belajar memberikan sumbangan sebesar 19,3%. Dalam penelitian ini variabel disiplin belajar dan fasilitas belajar memiliki kontribusi yang cukup kecil terhadap prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Disiplin Belajar, Fasilitas Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2013 07:32
Last Modified: 30 Oct 2021 05:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25120

Actions (login required)

View Item View Item