Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Dan Kedisiplinan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Ceper Tahun Ajaran 2012/2013

Widiastuti, Fery and , Prof.Dr.Yetty Sarjono,M.Si and , Drs.H.M.Yahya,M.Si (2013) Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Dan Kedisiplinan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Ceper Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (576kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 CEPER. 2) Mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 CEPER. 3) Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 CEPER. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 CEPER. Sampel diambil sebanyak 100 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 69,579 + 0, 170 X1 + 0, 120 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan kedisiplinan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 CEPER” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,646 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,030 dengan sumbangan efektif sebesar 13,7%. 2) “ Ada pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 CEPER ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,481 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,042 dengan sumbangan efektif sebesar 10,8%. 3) “ Ada pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 CEPER ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 4,262 > 3150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,245 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 CEPER adalah sebesar 24,5%, sedangkan 75,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2013 06:55
Last Modified: 30 Oct 2021 05:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25114

Actions (login required)

View Item View Item