Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar, Fasilitas Belajar, Dan Cara Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sulang Rembang Tahun Ajaran 2012/2013

Suiswati, Suiswati and , Drs.Sudarto HS. MM and , Drs.Djalal Fuadi,M.M (2013) Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar, Fasilitas Belajar, Dan Cara Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sulang Rembang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (987kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sulang, 2) apakah ada pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar padasiswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sulang, 3) apakah ada pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sulang, dan 4)apakah ada pengaruh kreativitas belajar, fasilitas belajar dan cara belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sulang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sulang yang berjumlah 160 siswa yang terdiri dari 6 kelas dengan sampel sebanyak 110 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji yang digunakan sebelum analisis data adalah uji instrumen, uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan linearitas, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, Uji R2, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda: Y = 10,028 + 0,335 X1 + 0,311 X2 + 0,329X3, artinya kreativitas belajar, fasilitas belajar dan cara belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sulang. Kreativitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung sebesar 2,566 > ttabel sebesar 1,985 dengan nilai signifikansi 0,012 < 0,05; dengan sumbangan efektif sebesar 21,1%. Fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung sebesar 1,986 > ttabel sebesar 1,985 dengan nilai signifikansi 0,050 < 0,05; dengan sumbangan efektif sebesar 19,8%. Cara belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung sebesar 2,043 > ttabel sebesar 1,985 dengan nilai signifikansi 0,022 < 0,05; dengan sumbangan efektif sebesar 21%. Kreativitas belajar, fasilitas belajar dan cara belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sulang. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 55,177>Ftabel (3,09) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Hasil analisis R2 diperoleh nilai sebesar 0,618 berarti kreativitas belajar, fasilitas belajar dan cara belajar siswa memberikan sumbangan sebesar 61,8% terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sulang tahun pelajaran 2012/2013 dan sisanya sebesar 38,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar, fasilitas belajar, cara belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2013 05:57
Last Modified: 30 Oct 2021 05:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25111

Actions (login required)

View Item View Item