Implementasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Pondok Pesantren Khalafiah Di Kudus (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Di Pondok Pesantren Assalam Desa Tanjung Karang Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013)

Huda, Ahmad Miftakhul and , Agus Prasetyo, S.Pd., M.Pd. (2013) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Pondok Pesantren Khalafiah Di Kudus (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Di Pondok Pesantren Assalam Desa Tanjung Karang Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan silabus dan RPP yang dibuat guru PKn sebelum mengajar di kelas dan implementasi pembelajaran PKn pada MA Pondok Pesantren Assalam Desa Tanjung Karang Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Untuk menguji keabsahan datanya dengan cara triangulasi sumber dan teknik (metode). Untuk menganalisis data menerapkan model analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Silabus dan RPP yang dibuat guru PKn sebelum mengajar di MA Pondok Pesantren Assalam Desa Tanjung Karang Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 mengacu pada hasil musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kudus. Komponen silabus sebagaimana yang disusun mencakup: (1) standar kompetensi (2) kompetensi dasar (3) materi pembelajaran (4) nilai budaya dan karakter bangsa (5) kewirausahaan/ekonomi kreatif (6) kegiatan pembelajaran (7) indikator pencapaian kompetensi (8) penilaian (9) alokasi waktu (10) sumber belajar. Sistematika RPP yang dibuat meliputi: (1) penulisan judul RPP (2) identitas RPP yang mencakup nama sekolah, mata pelajaran, materi pokok, metode pembelajaran, kelas/semester, alokasi waktu (3) standar kompetensi (4) kompetensi dasar (5) indikator pencapaian kompetensi (6) nilai budaya dan karakter bangsa kegiatan pembelajaran (7) kewirausahaan/ekonomi kreatif (8) tujuan pembelajaran (9) tujuan pembelajaran (10) strategi pembelajaran (11) perangkat pembelajaran (12) penilaian dan tindak lanjut. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan jika materi pelajaran yang diberikan guru dalam kelas, secara garis besar sama dengan sekolah Madrasah Aliyah ataupun Sekolah Menengah Atas lainnya. Hal tersebut karena telah menjadi kesepakatan MGMP. Perbedaannya hanya saat penyampaian materi PKn di kelas, terkadang mengkaitkan materi dengan ayat-ayat Al-Qur’an atau Hadits. Guru mencoba menerapkan metode, model, strategi, dan media pembelajaran yang efektif di kelas. Guru juga berusaha melakukan penilaian yang objektif agar mendapatkan hasil yang efektif dalam mengevaluasi kemampuan siswa (santri).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan, Pondok Pesantren, Pesantren Khalafiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2013 07:31
Last Modified: 26 Oct 2021 00:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25101

Actions (login required)

View Item View Item