Penanaman Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Pada Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMK Negeri 1 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Utami, Nur Hamidah Suci and , Danang Tunjung Laksono, S. Pd, M. Pd. (2013) Penanaman Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Pada Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMK Negeri 1 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (444kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penanaman nilainilai cinta tanah air pada siswa melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013 dan mendeskripsikan kendala-kendala penanaman nilai-nilai cinta tanah air pada siswa melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi penanaman nilai –nilai cinta tanah air telah di lakukan dengan baik oleh guru PKn. Dengan cara penyusunan perencanaan pembelajaran yang di dalamnya terdapat nilai-nilai yang mencerminkan cinta tanah air pada siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran telah melakukan penanaman nilai-nilai cinta tanah air dengan cara presentasi di awal pembelajaran, menyanyikan lagu nasional, menjaga kebersihan dan ketertiban kelas untuk menjadikan suasana belajar yang tenang dan nyaman, studi ke hutan yang ada untuk belajar dan memahami cinta tanah air dalam bentuk peduli terhadap rusaknya lingkungan atau hutan, menjaga kerahasiaan soal-soal ujian. Kendala penanaman nilai melalui pembelajaran PKn baik berasal dari diri Guru., Kepala sekolah maupun siswa. Kendala yang ada yang lebih sering dihadapi adalah kesulitan Guru dan tidak sadarnya siswa akan pentingnya cinta tanah air.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman nilai, Cinta tanah air, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2013 07:08
Last Modified: 26 Oct 2021 00:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25099

Actions (login required)

View Item View Item