Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Pada Pemilih Pemula (Studi Kasus Pada Pemilih Pemula di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kebak Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun 2013)

Setiyawati, Ambar and , Drs. Achmad Muthali’in, M.Si (2013) Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Pada Pemilih Pemula (Studi Kasus Pada Pemilih Pemula di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kebak Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (336kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang nilai-nilai demokrasi pada pemilih pemula di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kebak Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun 2013, untuk mendiskripsikan pemahaman mengenai nilai-nilai demokrasi pada pemilih pemula, dan untuk mendiskripsikan bentuk pelaksanaan nilai-nilai demokrasi yang dilakukan pemilih pemula, serta partisipasi pemilih pemula di PilkadesKebak Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berasal dari informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen yang berupa foto-foto mengenai pelaksanaan Pilkades Kebak Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu Triangulasi teknik pengumpulan data dan Triangulasi sumber data. Sedangkan dalam menganalisis data dengan menerapkan teknik analisis interaktif melalui Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai demokrasi pada pemilih pemula di Pilkades Kebak Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun 2013 yaitu adanya kebebasan berpendapat, kebebasan berpartisipasi, menghormati orang/ kelompok lain, kesetaraan, dan kerjasama. Bentuk implementasi nilai-nilai demokrasi pada pemilih pemula adalah mereka bebas memilih sesuai dengan hati nuraninya, saling menghargai pendapat, mendukung dan bekerjasama. Bentuk pelaksanaan nilai-nilai demokrasi di Pilkadesdidasari kepribadian demokratis pada pemilih pemula, sehingga mereka mampu menunjukkan dan melaksanakan nilai-nilai demokrasi. Partisipasi pemilih pemula dalam implementasi nilai-nilai demokrasi di Pilkades Kebak Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun 2013 sangat penting dalam kehidupan di masyarakat. Pemilih pemula sebagai warganegara muda terdidik seyogyanya mereka terlibat dalam Pemilu berdasarkan kesadaran dari hati nuraninya dan generasi muda dapat menjadi teladan dalam upaya menegakkan nilai-nilai demokrasi di tengah-tengah masyarakat serta berperan menegakkan negara yang demokratis dengan menunjukkan dan melaksanakan nilai-nilai demokrasi sesuai hati nurani.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemilih pemula, nilai-nilai demokrasi, Pilkades
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 11:56
Last Modified: 26 Oct 2021 00:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25097

Actions (login required)

View Item View Item