Prestasi Belajar Mata Kuliah Dasar Akuntans Keuangan I Ditinjau Dari Sikap Mahasiswa Tentang Cara Mengajar Dosen Dan Proses Pembelajaran Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadyah Surakarta Angkatan 2011/2012

Oliviana, Selvi and , Drs.Sudarto HS. MM and , Drs.Sriyono,M.Pd (2013) Prestasi Belajar Mata Kuliah Dasar Akuntans Keuangan I Ditinjau Dari Sikap Mahasiswa Tentang Cara Mengajar Dosen Dan Proses Pembelajaran Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadyah Surakarta Angkatan 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (356kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (766kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh: 1) sikap mahsiswa tentang cara mengajar dosen terhadap prestasi belajar DAK I Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012; 2) proses pembelajaran terhadap prestasi belajar DAK I Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012; 3) sikap mahasiswa tentang cara mengajar dosen dan poses pembeajaran terhadap prestasi belajar DAK 1 Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012. Jenis penelitian termasuk deskriptif kuantitatif. Populasinya seluruh mahasiswa angkatan 2011/2012 Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS yang ikut DAK 1 sebanyak 190 dan sampel 123 dengan teknik proporsional random sampling dari sampel masing-masing kelas diambil dengan cara undian. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Angket sebelumnya diuji coba dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 9,923 + 0,247 X1 + 0,348 X2. Kesimpulanya adalah: 1) sikap mahasiswa tentang cara mengajar dosen berpengaruh terhadap prestasi belajar DAK I. Hal ini terbukti berdasarkan analisi regresi linier ganda perhitungan thitung > ttabel atau 2,144 > 1,980 dengan nilai signifikansi<0,05 yaitu 0,034 dengan sumbangan relatif sebesar 40% dan sumbangan efektif sebesar 22,56%. 2) proses pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar DAK I. Hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi linier ganda perhitungan thitung > ttabel atau 3,142 > 1,980 dengan nilai signifikansi<0,05 yaitu 0,002 dengan sumbangan relatif 60% dan sumbangan efektif 33,84. 3) sikap mahasiswa tentang cara mengajar dosen dan proses pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar DAK I. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda yaitu uji F yang diketahui bahwa Fhitung sebesar 77,658>Ftabel (3,072) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,564, berarti 56,4 % prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah DAK I dipengaruhi oleh variabel sikap mahasiswa tentang cara mengajar dosen dan proses pembelajaran dan sisanya sebesar 43,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar DAK I, Sikap Mahasiswa Tentang Cara Mengajar Dosen, Dan Proses Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 11:35
Last Modified: 30 Oct 2021 01:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25095

Actions (login required)

View Item View Item