Peranan Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Terhadap Kemampuan Guru Dalam Mengelola Proses Belajar Mengajar Di SMP Negeri I Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Handayani, Sri and ., Drs.Djumali, M.Pd. and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2013) Peranan Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Terhadap Kemampuan Guru Dalam Mengelola Proses Belajar Mengajar Di SMP Negeri I Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan peranan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) terhadap kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar di SMP Negeri I Sambi Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri I Sambi Boyolali. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang telah lulus mengikuti sertifikasi (PLPG). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar dan melaksanakan kegiatan administrasi sekolah dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kecakapan guru dalam mengimplementasikan kompetensi pedagogik sudah terlaksana. Hal initerbukti dengan kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar danmelaksanakan tugas administrasi sekolah yang harus dikerjakan. Kemampuan guru dalam mengelola kelas dapat dilihat dari pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar. Hal ini terbukti dengan guru mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif, pemberian motivasi terhadap siswa, penggunaan metode pembelajaran yang sesuai. Guru juga selalu membuat rencana pembelajaran untuk memudahkan dalam mencapai tujuan pembelajaran dan pengembangan materi belajar. Secara keseluruhan, guru dapat mengimplementasi kompetensi pedagogik terhadap kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar dan melaksanakan tugas administrasi sekolah. Hal ini dapat dilihat dari keberadaan guru di SMP negeri I Sambi Boyolali mampu mendidik dan membimbing siswa menjadi pribadi yang berpengetahuan dan berbudi pekerti luhur.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik, kemampuan guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 11:29
Last Modified: 29 Oct 2021 10:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25094

Actions (login required)

View Item View Item