Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ceper Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Fasilitas Belajar Tahun Ajaran 2012/2013

Ariyani, Intan Dewi (2013) Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ceper Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Fasilitas Belajar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi kelas VII, 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi kelas VII, 3) pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi kelas VII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 219 siswa dengan sampel sebanyak 135 siswa yang diambil menggunakan teknik sampel random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, Sumbangan Efektif (SE) dan Sumbangan Relatif (SR). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 53,560 + 0,348X1 + 0,189X2, artinya prestasi belajar IPS Ekonomi dipengaruhi oleh minat belajar dan fasilitas belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel minat belajar sebesar 2,723 sehingga thitung > ttabel atau 2,723 > 1,978 dengan nilai signifikansi 0,007<0,05. (2) Fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel fasilitas belajar sebesar 2,300 dan thitung > ttabel atau 2,300 > 1,978 dengan nilai signifikansi 0,023<0,05. (3) Minat belajar dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 6,907 > 4,77 dengan nilai signifikansi 0,001<0,05. (4) Hasil perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa minat belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 5,51% dan fasilitas belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 3,99% sehingga total sumbangan efektif sebesar 9,5% dan disimpulkan bahwa minat belajar mempunyai pengaruh lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel fasilitas belajar, sedangkan sisanya 90,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Minat Belajar, Fasilitas Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 11:09
Last Modified: 25 Jul 2013 11:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25092

Actions (login required)

View Item View Item