Peningkatan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar dengan Strategi Pembelajaran Quiz Team ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII F Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013 )

Setiawan, Novi Fuat Ari (2013) Peningkatan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar dengan Strategi Pembelajaran Quiz Team ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII F Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (794kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (609kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan tanggung jawab dan hasil belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu dengan strategi pembelajaran Quiz Team dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa. Sebagai obyek penelitian adalah tanggung jawab dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan analisis komparatif dan analisis kritis. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber, metode dan penyidik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh ada peningkatan tanggung jawab dan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator tanggung jawab dan hasil belajar siswa meliputi: 1) siswa mengerjakan tugas dengan baik sebelum tindakan 28,12% menjadi 87,5% setelah tindakan, 2) bertanggung jawab atas setiap perbuatan sebelum tindakan 25% menjadi 71,88% setelah tindakan, 3) mengerjakan tugas kelompok secara bersama-sama sebelum tindakan 31,25% menjadi 84,38% setelah tindakan, 4) siswa yang nilainya lebih dari sama dengan KKM sebelum tindakan 37,5% menjadi 90,63% setelah tindakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Quiz Team dapat meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab, hasil belajar, Quiz Team
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 07:09
Last Modified: 25 Jul 2013 07:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25085

Actions (login required)

View Item View Item