Kontribusi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Contextual Teaching And Learning dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa (Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013)

Prastiwi, Dewi and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Kontribusi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Contextual Teaching And Learning dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa (Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN__DEPAN.pdf

Download (782kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIAN_ALL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (259kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis dan menguji: (1) kontribusi strategi pembelajaran CTL dan PBL terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) kontribusi tingkat motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) efek interaksi strategi pembelajaran CTL dan PBL terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi berprestasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sambi tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dengan perlakuan strategi CTL dan kelas VII E sebagai kelas kontrol sebanyak 34 siswa dengan perlakuan strategi PBL. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, yang dilanjutkan dengan uji analisis data yaitu analisis variansi dua jalur sel tak sama. Dari hasil penelitian dengan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama menggunakan α= 5% diperoleh kesimpulan : (1) Fhitung = 1,602 < Ftabel = 4.00 sehingga tidak ada perbedaan efek yang signifikan antara strategi pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa. (2) Fhitung = 3,793 > Ftabel = 3,15 sehingga ada perbedaan efek yang signifikan antara motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika. (3) Fhitung = 0,649 < Ftabel = 3,15 sehingga tidak ada perbedaan efek interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Contextual, Problem, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 06:56
Last Modified: 02 Nov 2021 22:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25083

Actions (login required)

View Item View Item