Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Analitik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kubus dan Balok (PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Karanganyar Tahun 2012/2013)

Ningroem, Aldinna Puspita and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Analitik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kubus dan Balok (PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Karanganyar Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL.DEPAN.pdf

Download (569kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (592kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep kubus dan balok dengan menerapkan strategi pembelajaran Mind Mapping berbasis analitik bagi siswa kelas VIII E SMP N 5 Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII SMP N 5 Karanganyar sebagai subyek pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIII E yang berjumlah 30 siswa sebagai subyek penerima tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah pemahaman konsep. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan penelitian adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep kubus dan balok dengan strategi Mind Mapping berbasis analitik yang dapat dilihat dari indikator yaitu: 1) menjawab pertanyaan guru atau mengerjakan soal secara tepat sebelum tindakan 30% di akhir tindakan menjadi 76,67%, 2) menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 20% dan di akhir tindakan menjadi 63,33%, 3) memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 16,67% dan di akhir tindakan menjadi 56,67%, 4) membuat kesimpulan sebelum tindakan 23,33% dan di akhir tindakan menjadi 70%. Kesimpulan hasil penelitian adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Mind Mapping berbasis analitik dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi kubus dan balok bagi siswa kelas VIII E SMP N 5 Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep siswa, Mind Mapping, analitik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 06:46
Last Modified: 02 Nov 2021 22:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25082

Actions (login required)

View Item View Item