Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning pada Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 02 Kaliwungu Tahun Ajaran 2012/2013)

Sari, Rostiana Ambar (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning pada Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 02 Kaliwungu Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2_Halaman_Depan.pdf

Download (565kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3_BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Bab II)
4_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab III)
5_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
6_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
7_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Lampiran)
9_Lampiran_-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10_Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah kelas VII A SMP N 2 Kaliwungu yang berjumlah 29 siswa, dan subyek pelaksanaan tindakan adalah guru matematika kelas VII A SMP N 2 Kaliwugu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, verifikasi data/ kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika pada materi persegi dan persegi panjang. Hal tersebut terlihat 1) siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru maupun siswa lain sebelum dilakukan tindakan 13,79% dan setelah tindakan menjadi 75,86%. 2) siswa aktif dalam berdiskusi sebelum dilakukan tindakan 6,89% dan setelah tindakan menjadi 68,96%. 3) siswa yang aktif menulis sebelum dilakukan tindakan 24,13% dan setelah tindakan menjadi 86,20%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 06:35
Last Modified: 25 Jul 2013 07:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25079

Actions (login required)

View Item View Item