Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Instruction Berbasis Tutor Teman Sebaya pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Limas dan Prisma Tegak Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa (Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013)

Budiyanti, Noviana Dwi and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Instruction Berbasis Tutor Teman Sebaya pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Limas dan Prisma Tegak Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa (Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (553kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (461kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan menguji : (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Tutor Teman Sebaya terhadap prestasi belajar matematka, (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Tutor Teman Sebaya dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi tahun ajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang dikenai model Problem Based Instruction Berbasis Tutor Teman Sebaya dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan dikenai model pembelajaran Konvensional. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi (nilai mid matematika semester genap) untuk mengetahui kemampuan awal dan metode test untuk menegetahui prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji lanjut pasca anava dengan metode Scheffe. Analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil : (1) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Tutor Teman Sebaya terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FA = 8,73 (2) ada pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FB = 6,60 (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Tutor Teman Sebaya dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai FAB = 1,81

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem based instruction, kemampuan awal, tutor teman sebaya, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 06:24
Last Modified: 02 Nov 2021 22:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25077

Actions (login required)

View Item View Item