Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)

Yulianingtyastuti, Dwi and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (664kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel_publikasi.pdf

Download (691kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Student Teams-Achievement Division(STAD) dengan pendekatan Realistic Mathemathetics Education (RME). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peneliti yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Banyudono yang berjumlah 33. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) siswa yang mampu mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya) %, 2) siswa mampu memberi contoh dan non-contoh dari konsep %, 3) siswa yang mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu %, 4) siswa yang mampu mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah %. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan strategi Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan pendekatan Realistic Mathemathetics Education (RME) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD, RME, pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 06:15
Last Modified: 02 Nov 2021 22:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25075

Actions (login required)

View Item View Item