HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP SUASANA KELUARGA DENGAN EFEKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA SMA

SUPARTIANA , ERINDA EKA (2008) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP SUASANA KELUARGA DENGAN EFEKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040032.pdf

Download (50kB)
[img] PDF
F100040032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP SUASANA KELUARGA DENGAN EFEKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA SMA Pada saat ini masih banyak siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah sehingga belum tercapainya efektivitas belajar yang optimal. Hal ini terjadi dikarenakan adanya beberapa faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas belajar para siswa. Salah satu yang mempengaruhi efektivitas belajar siswa adalah persepsi siswa terhadap suasana dalam keluarganya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hubungan antara persepsi terhadap suasana keluarga dengan efektivitas belajar pada siswa SMA, 2) seberapa besar peran persepsi terhadap suasana keluarga pada efektivitas belajar siswa SMA. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ”ada hubungan yang positif antara persepsi terhadap suasana keluarga dengan efektivitas belajar pada siswa SMA”. Artinya, semakin tinggi persepsi terhadap suasana keluarga maka efektivitas belajar semakin tinggi dan sebaliknya, semakin rendah persepsi terhadap suasana keluarga maka semakin rendah pula efektivitas belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMAN 3 Kediri kelas X-2 dan X-3 yang berjumlah 70 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala persepsi terhadap suasana keluarga dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan dengan product moment diperoleh korelasi r = 0,445 dengan p<0,01 yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap suasana keluarga dengan efektivitas belajar. Total sumbangan efektif (SE)=19,8% yang berarti masih terdapat 80,2% faktor-faktor lain yang mempengaruhi efektivitas belajar selain variabel persepsi terhadap suasana keluarga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap suasana keluarga dengan efektivitas belajar. Tingkat persepsi terhadap suasana keluarga pada siswa-siswi SMAN 3 Kediri tergolong sedang dengan rerata empirik sebesar 118,757 sedangkan tingkat efektivitas belajar tergolong baik dengan rerata empirik sebesar 75,479.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi terhadap suasana keluarga, efektivitas belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jun 2009 08:39
Last Modified: 16 Nov 2010 22:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2507

Actions (login required)

View Item View Item