Analisis Campur Kode Pada Wacana Iklan Di Majalah Teen Tahun 2012

Permata Sari, Ayu and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum (2013) Analisis Campur Kode Pada Wacana Iklan Di Majalah Teen Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (925kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (130kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan wujud campur kode pada wacana iklan di majalah Teen tahun 2012 dan mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya campur kode pada wacana iklan di majalah Teen tahun 2012. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wacana iklan pada majalah Teen tahun 2012. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik simak dan teknik catat. Teknik simak yang digunakan adalah menyimak penggunaan bahasa secara tertulis, sedangkan teknik catat yang digunakan adalah mencatat data yang dianggap relevan untuk menganalisis wujud campur kode pada wacana iklan di majalah Teen. Data dianalisis menggunakan metode padan intralingual dan metode padan ekstralingual sesuai dengan tujuan penelitian. Langkah penelitian yaitu dengan mengumpulkan data yang akan diteliti, mengklasifikasikan sesuai dengan wujud campur kode, dan menganalisis data yang sudah peneliti peroleh. Ada 2 hal yang perlu disampaikan dalam hasil analisis. 1) Campur kode yang ditemukan berwujud campur kode kata, frasa, klausa, dan idiom. Wujud campur kode kata terdiri dari 29 wujud campur kode kata yang berupa 19 kata benda, 2 kata sifat, 5 kata kerja, dan 3 kata keterangan. Wujud campur kode frasa terdiri dari 21 wujud campur kode frasa yang berupa 18 frasa nominal, dan 3 frasa adjektival. Wujud campur kode yang berupa klausa terdiri dari 4 wujud campur kode klausa yang berupa 3 klausa verbal, dan 1 klausa nominal. Wujud campur kode idiom sebanyak 1 wujud campur kode idiom. 2) Faktor penyebab terjadinya campur kode pada wacana iklan tersebut ada tiga. 1) Tuntutan nama produk yang telah ditawarkannya, 2) unsur atau elemen dalam produk untuk mendapat kenyamanan para konsumen saat memakai produk tersebut, dan 3) tuntutan daya tarik para konsumen membeli produk yang ditawarkannya. Penggunaan campur kode bahasa Inggris tersebut digunakan penulis agar pembaca lebih tertarik membeli produk yang telah ditawarkannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: campur kode, wacana iklan, majalah
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 24 Jul 2013 12:43
Last Modified: 02 Nov 2021 02:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25066

Actions (login required)

View Item View Item