Konstruksi Pendidikan Karakter Kerja Keras Kajian Isi Cerita Film Semesta Mendukung Untuk Pembelajaran PKn

Nurhayati, Emy and , Drs. Ahmad Muthali'in. MSi (2013) Konstruksi Pendidikan Karakter Kerja Keras Kajian Isi Cerita Film Semesta Mendukung Untuk Pembelajaran PKn. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (689kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (464kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan konstruksi pendidikan karakter kerja keras pada film Semesta Mendukung untuk pembelajaran PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan telaah dokumen dan studi kepustakaan. Penelitian ini tidak menggunakan keabsahan data karena yang diteliti adalah film, sehingga data yang diperoleh sudah valid. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis isi (content analysis) pada film Semesta Mendukung. Peneliti menganalisis isi film mengenai konstruksi pendidikan karakter kerja keras yang ada dalam film Semesta Mendukung. Berdasarkan analisis dengan berbagai indikator, masing-masing nilai disimpulkan bahwa karakter kerja keras yang ada dalam film Semesta Mendukung terletak pada adegan dan dialog tokoh sebagai berikut: (1) Gagasan kerja keras diungkapkan oleh Arif dan Bu Tari, (2) Pengungkapan dorongan kerja keras berasal dari ibunya, Bu Tari, bapaknya, dan Pak Tio, (3) Penggambaran pelaksanaan kerja keras terlihat dari adegan tokoh utama Arif, baik saat bekerja di bengkel, belajar untuk persiapan lomba, membantu temannya mengambil bola, (4) Pengungkapan kendala karakter kerja keras yaitu ketika kepala sekolah tidak memberikan ijin lomba fisika tingkat provinsi, dan ketika Arif mengetahui hasil seleksi tim FUSI, (5) Pengungkapan dukungan pihak lain untuk karakter kerja keras, berasal dari Pak Tio, bapaknya, Thamrin sahabatnya, dan Cak Kumis. (6) Kostruksi pendidikan karakter untuk kerja keras antara lain terlihat dalam adegan saat Arif dan Pak Tio berada di dalam mobil berangkat ke Jakarta, adegan saat Arif sampai di asrama FUSI, adegan saat Arif berangkat sekolah, dan adegan saat Arif berani mencoba tantangan dari Pak Tio, (7) Konstruksi pendidikan karakter untuk implementasi kerja keras dalam film antara lain saat Arif belajar lebih giat, Arif berani mencoba menyelesaikan tantangan, Arif mencari ibunya dibantu oleh Thamrin, Arif dan kawan-kawannya menyelesaikan soal-soal dalam olimpiade, dan pada saat Arif melakukan pembuktian terhadap gelombang supersonik dalam olimpiade.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter kerja keras, film Semesta Mendukung, pembelajaran PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2013 12:39
Last Modified: 26 Oct 2021 00:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25065

Actions (login required)

View Item View Item