Analisis Preposisi Pada Karangan Sederhana Siswa Kelas IV SD Negeri Pengkok 4 kecamatan Kedawung, kabupaten Sragen

PURWASIH, LILIK (2013) Analisis Preposisi Pada Karangan Sederhana Siswa Kelas IV SD Negeri Pengkok 4 kecamatan Kedawung, kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (219kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan preposisi yang ada dalam karangan sederhana siswa kelas IV SD Negeri Pengkok 4 (2) menggali preposisi yang paling dominan dalam karangan sedrhana siswa kelas IV SD Negeri Pengkok 4 kecamatan Kedawung, kabupaten Sragen. Objek penelitian ini adalah karangan sederhana siswa kelas IV SD Negeri Pengkok 4 kecamatan Kedawung, kabupaten Sragen yang berupa preposisi. Data dan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari semua kalimat yang mengandung preposisi yang ada pada karangan sederhana siswa SD kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu menganalisis, mendeskripsikan dan menyajikan data secara sistematik sehingga lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak yaitu untuk menyimak karangan sederhana siswa kelas IV SD Negeri Pengkok 4 kecamatan Kedawung, kabupaten Sragen selanjutnya metode simak ini diikuti teknik catat. Penelitian ini juga menggunakan teknik catat yaitu mencatat hal-hal yang relevan dan yang dianggap penting untuk dimasukkan ke dalam penelitian dari penggunaan bahasa yang digunakan secara tertulis. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa, preposisi pada karangan sederhana siswa kelas IV SD Negeri Pengkok 4 kecamatan Kedawung, kabupaten Sragen sangat bervariasi, diantaranya adalah preposisi tempat berada, preposisi tempat tujuan, preposisi asal waktu, preposisi waktu tertentu, preposisi pelaku, preposisi alat, preposisi pembatas. Berdasarkan klasifikasi data ditemukan bentuk preposisi sebanyak 73 data. Preposisi tempat berada sebanyak 35 data (dari data preposisi di sebanyak 22 data, preposisi pada sebanyak 10 data, preposisi dalam sebanyak 1 data, preposisi antara sebanyak 2 data), preposisi tempat tujuan sebanyak 22 data, preposisi asal waktu sebanyak 3 data, preposisi waktu tertentu sebanyak 5 data, preposisi pelaku 1 data, preposisi alat sebanyak 5 data (dari data preposisi dengan sebanyak 4 data, dan preposisi berkat 1 data), preposisi pembatas sebanyak 1 data. Karangan sederhana siswa kelas IV SD Negeri Pengkok 4 kecamatan Kedawung, kabupaten Sragen ditemukan preposisi yang sering kali muncul adalah preposisi tempat berada yang menyatakan preposisi di sebanyak 22 data dan preposisi tempat tujuan yang menyatakan preposisi ke sebanyak 22 data sehingga demikian dapat dikatakan preposisi yang pailing dominan dalam karangan sederhana siswa kelas IV SD Negeri Pengkok 4 kecamatan Kedawung, kabupaten Sragen adalah preposisi tempat berada dan preposisi tempat tujuan. Hal ini dikarenakan preposisi tempat berada di dan preposisi tempat tujuan ke lebih mudah dipahami oleh siswa, selain itu preposisi tempat berada di dan preposisi tempat tujuan ke yang paling sederhana karena hanya terdiri satu kata dalam pembentukan sebuah kalimat. Oleh karena itu preposisi yang sering kali muncul adalah preposisi tempat berada di dan preposisi tempat tujuan ke.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis, preposisi, karangan sederhana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 24 Jul 2013 12:03
Last Modified: 24 Jul 2013 13:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25059

Actions (login required)

View Item View Item