Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Penyelesaian Tugas-Tugas Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 3 Masaran Kabupaten Sragen)

Darmawan, Aris and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. (2013) Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Penyelesaian Tugas-Tugas Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 3 Masaran Kabupaten Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (571kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (303kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi siswa dalam penyelesaian tugas-tugas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Muhammadiyah 3 Masaran Kabupaten Sragen; (2) Kendala-kendala pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi siswa dalam penyelesaian tugas-tugas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Muhammadiyah 3 Masaran Kabupaten Sragen, dan (3) Upaya-upaya apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi siswa dalam penyelesaian tugas-tugas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Muhammadiyah 3 Masaran Kabupaten Sragen. Adapun idikator pemanfaatan perpustakaan sekolah adalah: (1) Siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk membaca koleksi buku-buku materi pelajaran; (2) Siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk meminjam koleksi buku-buku materi pelajaran. (3) Siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah sumber nformasi tentang materi pelajaran; (4) Siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk membantu penyelesaian tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas siswa dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah. Penelitin ini menggunakan dua macam trianggulasi yaitu teknik pengumpulan data dan sumber data. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif yang meliputi; pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam penyelesaian tugas-tugas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Muhammadiyah 3 Masaran Kabupaten Sragen. Kesimpulan penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa guru dan siswa dapat memanfaatkan perpustakan sekolah dengan baik, walaupun banyak kendala-kendala yang menghambat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Penyelesaian Tugas-tugas, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2013 11:57
Last Modified: 26 Oct 2021 00:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25058

Actions (login required)

View Item View Item