Pendidikan Karakter Aspek Tanggung Jawab Anak Pada Keluarga Petani (Studi Kasus Dukuh Purworejo Desa Mojokerto Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun 2013)

Lestari, Dwi (2013) Pendidikan Karakter Aspek Tanggung Jawab Anak Pada Keluarga Petani (Studi Kasus Dukuh Purworejo Desa Mojokerto Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (487kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter aspek tanggung jawab anak pada keluarga petani di Dukuh Purworejo Tahun 2013, (2) mendiskripsikan faktor pendukung pendidikan karakter aspek tanggung jawab anak pada keluarga petani di Dukuh Purworejo. (3) mendeskripsikan faktor pendukung pendidikan karakter aspek tanggung jawab anak pada keluarga petani di Dukuh Purworejo Tahun 2013. (4) mendiskripsikan solusi yang dilakukan dalam pendidikan karakter aspek tanggung jawab anak pada keluarga petani di Dukuh Purworejo Tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berasala dari informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu Triangulasi teknik pengumpulan data dan Triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Aspek Tanggung Jawab Anak, yaitu meliputi: Penanaman nilai-nilai karakter kepada anak dan memberikan contoh-contoh perilaku yang baik kepada anak dengan begitu anak akan mempunyai rasa tanggung jawab yang baik, dan anak bisa belajar tentang arti tanggung jawab terutama kepada diri anak tersebut dan orang tuanya, 2) Faktor Pendukung Pendidikan Karakter Aspek Tanggung Jawab Anak, yaitu meliputi: a) Mengabaikan, b) Mencontohkan, 3) Faktor Penghambat Pendidikan Karakter Aspek Tanggung Jawab Anak, yaitu meliputi: a) Orang tua kurang menunjukkan ekspresi kasih saying baik secara verbal ataupun fisik, b) Orang tua kurang meluangkan waktu yang cukup untuk anaknya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Tnggung Jawab Anak, Keluarga Petani
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2013 11:17
Last Modified: 24 Jul 2013 13:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25051

Actions (login required)

View Item View Item