Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Solving Dengan Model Think Pair Share Dan Group Investigation Ditinjau Dari Siswa Berfikir Kritis (Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Klego Tahun Ajaran 2012/2013)

Aziz, Abdul and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Solving Dengan Model Think Pair Share Dan Group Investigation Ditinjau Dari Siswa Berfikir Kritis (Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Klego Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (333kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (374kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan menguji : (1)pengaruh pembelajaran matematika berbasis problem solving dengan model Think Pair Share dan Group Investigation terhadap prestasi belajar matematika, (2) tingkat berfikir kritis terhadap prestasi belajar matematia, (3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran Think Pair Share, Group Investigation dan tingkat berfikir kritis terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Klego tahun ajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang dikenai model Think Pair Share berbasis problem solving dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan dikenai model Group Investigation berbasis problem solving. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi (nilai rapot matematika semester ganjil) untuk mengetahui kemampuan awal dan metode test untuk mengetahui prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji lanjut pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil : (1) ada pengaruh pembelajaran matematika berbasis problem solving dengan model think Pair Share dan Group Investigation terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FA = 5,57 (2) ada pengaruh tingkat berfikir kritis terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FB = 8,756, (3) tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran Think Pair Share, Group Investigation dan tingkat berfikir kritis terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FAB = 0,251.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran (Think Pair Share dan Group Investigation), Berfikir Kritis, Prestasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jul 2013 07:12
Last Modified: 02 Nov 2021 22:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25036

Actions (login required)

View Item View Item