Emiati, Emiati and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag and , Drs.H.M.Yahya,M.Si (2013) Motivasi Belajar Ditinjau Dari Tanggung Jawab Mahasiswa Dan Lingkungan Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (417kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (274kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh tanggung jawab mahasiswa terhadap motivasi belajar, 2) Pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar, 3) Pengaruh tanggung jawab mahasiswa dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010 yang berjumlah190 siswa dengan sampel 123 mahasiswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi: Y = 12,465+0,255X1+ 0,440X2 yang artinya motivasi belajar dipengaruhi oleh tanggung jawab mahasiswa dan lingkungan belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Tanggung jawab mahasiswa berpengaruh positif terhadap motivasi belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,698> 1,980 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,008. 2) Lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap motivasi belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,007 > 1,980 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 3) Tanggung jawab mahasiswa dan lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap motivasi belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 22,833 > 3,072 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 37,1% dan sumbangan efektif sebesar 10,24%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 62,9% dan sumbangan efektif sebesar 17,36%. 5) Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,276, berarti 27,6% motivasi belajar dipengaruhi oleh tanggung jawab mahasiswa dan lingkungan belajar, sisanya sebesar 72,4% dipengaruhi variabel di luar penelitian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab Mahasiswa, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 23 Jul 2013 10:57 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 10:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25027 |
Actions (login required)
View Item |