Upaya Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Bermain Tongue Twisters

Jayanti, Wahyuni and , Sri Slamet, S.Pd, M.Hum and , Wili Astuti,S.Pd, M.Hum (2013) Upaya Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Bermain Tongue Twisters. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penguasaan vocabulary bahasa Inggris pada anak sangat penting, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan vocabulary bahasa Inggris anak adalah melalui metode bermain tongue twisters. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan vocabulary bahasa Inggris pada anak TK A, TK Dharma Wanita, Krendowahono, Gondangrejo, Karanganyar melalui metode bermain tongue twisters. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik TK A, TK Dharma Wanita, Krendowahono, Gondangrejo, Karanganyar yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Data vocabulary bahasa Inggris anak dikumpulkan melalui metode observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan penguasaan vocabulary bahasa Inggris anak melalui metode bermain tongue twisters yakni sebelum tindakan 29,58%, siklus I mencapai 45%, siklus II mencapai 67,5%, siklus III mencapai 80,20%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode bermain tongue twisters dapat meningkatkan penguasaan vocabulary bahasa Inggris anak TK A, TK Dharma Wanita, Krendowahono, Gondangrejo, Karanganyar Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan tongue twisters, vocabulary
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2013 08:10
Last Modified: 25 Oct 2021 04:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25018

Actions (login required)

View Item View Item