Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Menggambar Bebas Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi I Pogong Cawas Klaten Semester II Tahun Ajaran 2012/2013

Munawaroh, Hevina and , Aryati Prasetyarini,M.Pd. and , Choiriyah widyasari,M.Psi (2013) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Menggambar Bebas Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi I Pogong Cawas Klaten Semester II Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (930kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (630kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui permainan Menggambar Bebas kelompok A di TK Pertiwi I Pogung Cawas Klaten. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subyek penelitian adalah 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan kelompok A TK Pertiwi I Pogung Cawas Klaten. Data yang dikumpulkan adalah data tentang Kreativitas dan data tentang prosedur pembelajaran permainan Menggambar Bebas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi untuk mengamati proses pembelajaran melalui permainan Menggambar Bebas dan mengamati tindakan guru saat menerapkan permainan Menggambar Bebas dan catatan lapangan digunakan untuk mencatat kejadian-kejadian penting yang muncul pada saat proses pembelajaran berlangsung dan mencatat semua kejadian yang terjadi diluar perencanaan atau Pencatatan permasalahan-permasalahan yang muncul pada waktu dilaksanakan kegiatan. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan hasil amatan dengan indikator pencapaian setiap siklus, dari kondisi prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III dan analisis interaktif untuk mengetahui pembelajaran melalui permainan Menggambar Bebas. Dari hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa kreativitas anak di TK Pertiwi I Pogong Cawas Klaten mengalami peningkatan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil prosentase prasiklus 42,3%, siklus I mencapai 71,83 %, siklus II mencapai 81,16 %, dan pada siklus III mencapai 87,5 %. Kesimpulan penelitian ini adalah permainan Menggambar Bebas dapat meningkatkan Kreativitas anak di TK Pertiwi I Pogong Cawas Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Permainan, Menggambar Bebas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2013 07:34
Last Modified: 25 Oct 2021 03:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25015

Actions (login required)

View Item View Item