Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok Bermain Cakra Indah, Tegalsari, Weru, Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Roisah, Ana Mulathifah and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2013) Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok Bermain Cakra Indah, Tegalsari, Weru, Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak melalui cerita bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok bermain di Kelompok Bermain Cakra Indah Tegalsari, Weru, Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas.penelitian ini menggunakan metode cerita bergambar. Data kemampuan berbicara anak dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data dianalisis secara deskriptif comparatif dan diskriptif interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara anak melalui cerita bergambar yakni siklus I mencapai 20 %, siklus II mencapai 55%, dan siklus III mencapai 85 %. Proses analisis data melalui 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cerita Bergambar, kemampuan berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2013 07:10
Last Modified: 25 Oct 2021 03:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25012

Actions (login required)

View Item View Item