Pendayagunaan Benda Konkret Dalam Upaya Peningkatan Hasl Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN Nusukan Barat 113 Banjarsari Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

MUZAZANAH, SITI (2013) Pendayagunaan Benda Konkret Dalam Upaya Peningkatan Hasl Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN Nusukan Barat 113 Banjarsari Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (389kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
SITI_BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
SITI_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
SITI_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
SITI_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
SITI_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
SITI_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Lampiran)
SITI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (566kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik melalui pendayagunaan benda konkret kelas III SDN Nusukan Barat 113 Banjarsari Surakarta tahun pelajaran 2012/2013,.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas.Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III sebanyak 31 siswa terdiri dari (18 laki-laki 13 perempuan). Obyek penelitian hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Metode pengumpulan data wawancara dan observasi, dokumentasi dan tes. Jenis data yang dikumpulkan bersifat kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan pendayagunaan benda konkret pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III, dapat dibuktikan kebenarannya pada pokok bahasan alat ukur berat, Peningkatan hasil belajar tuntas siswa dari 18 siswa (58.06 %) pada pra siklus, meningkat menjadi 23 siswa (70,97 %) pada siklus 1 dan menjadi 26 siswa ( 83,87%) pada siklus 2. Sedang yang belum tuntas pada pra siklus ada 13 siswa (41,94%), pada sklus 1 yang belum tuntas 8 siswa (29.03%) dan pada siklus 2 yang belum tuntas 5 Siswa (16,13%). Rerata nilai dari pra siklus 63,26, siklus 1 dapat 71,13 dan siklus 2 :75,13..Berdasarkan dari hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II mengenai penggunaan alat peraga benda konkret pada pembelajaran tematik kelas III SDN Nusukan Barat 113 menunjukkan hasil belajar meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendayagunaan, Pembelajaran, Tematik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Jul 2013 11:57
Last Modified: 22 Jul 2013 12:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25005

Actions (login required)

View Item View Item