Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Metode Team Quiz Pada Siswa Kelas V SDN 01 Sambirejo Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Nuryawati, Risia Ika (2013) Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Metode Team Quiz Pada Siswa Kelas V SDN 01 Sambirejo Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (621kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS dengan metode team quiz pada siswa kelas V SD Negeri 01 Sambirejo Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Dalam setiap siklus berisi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Sambirejo, Jumantono yang berjumlah 36 siswa.Sumber data dikumpulkan dari hasil observasi, dokumen, dan tempat peristiwa berlangsung. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumen, catatn lapangan, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan menggunakan team quiz pada siswa kelas V SD Negeri 01 Sambirejo dapat ditarik kesimpulan yaitu dengan metode team quiz dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS dengan metode team quiz pada siswa kelas V SD Negeri 01 Sambirejo, Jumantono tahun pelajaran 2012/2013.Peningkatan keaktifan belajar dapat terlihat dari: a)Sebelum tindakan siswa yang bertanya sebanyak 11%(4),setelah tindakan siswa yang bertanya sebanyak 89%(32), b) sebelum tindakan siswa yang menjawab pertanyaan sebanyak 25%(9),setelah tindakan siswa yang menjawab pertanyaan sebanyak 80%(29), c)Sebelum tindakan siswa yang bisa membuat pertanyaan sebanyak 17% (6), setelah tindakan siswa yang bisa membuat pertanyaan sebanyak 89%(32), d)Sebelum tindakan siswa yang mengemukakan pendapat dan ide sebanyak 11%(4),setelah tindakan siswa yang mengemukakan pendapat dan ide sebanyak 86%(31), e)Sebelum tindakan siswa yang peserta didik yang melakukan eksplorasi terhadap materi yang sedang dipelajari serta menafsirkan hasilnya secara bersama-sama di dalam kelompok sebanyak 17%(6),setelah tindakan siswa yang peserta didik yang melakukan eksplorasi terhadap materi yang sedang dipelajari serta menafsirkan hasilnya secara bersama-sama di dalam kelompok sebanyak 80%(30), f)Sebelum tindakan siswa yang mengajukan diri untuk presentasi didepan kelas sebanyak 11%(4),setelah tindakan siswa yang mengajukan diri untuk presentasi didepan kelas sebanyak 80%(29).Penggunaan metode team quiz dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 01 Sambirejo, sebelum tindakan keaktifan siswa ada 44 % siswa setelah tindakan menjadi > 80% siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Team Quiz, Keaktifan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Jul 2013 11:20
Last Modified: 22 Jul 2013 13:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24994

Actions (login required)

View Item View Item