Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dengan Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar TK Kemiri 02 Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Tyastuti, Sri and , Drs. Ahmad Fathoni, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dengan Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar TK Kemiri 02 Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah tujuan umum adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok A TK Kemiri 02 Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Dan tujuan khusus adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita melalui penggunaan media buku cerita bergambar anak kelompok A TK Kemiri 02 Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Kemiri 02 Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa Kemampuan bercerita anak Taman Kanak-kanak Kemiri 02 Karanganyar pada pra siklus yang dinyatakan tuntas ada 6 anak dari 16 anak (37,5 %), sedangkan yang belum tuntas ada 10 anak dari 16 anak (62,5 %). Pada siklus I dinyatakan tuntas ada 11 anak dari 16 anak (68,8 %), sedangkan yang belum tuntas ada 5 anak dari 16 anak (31,2 %). Kemampuan bercerita anak Taman Kanak-kanak Kemiri 02 Karanganyar pada siklus II dinyatakan tuntas ada 15 anak dari 16 anak (93,75 %), sedangkan yang belum tuntas ada 1 anak dari 16 anak (6,25 %). Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui pembelajaran dengan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak Taman Kanak-kanak Kemiri 02 Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/ 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan, Kemampuan bercerita , media buku cerita bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Jul 2013 09:53
Last Modified: 29 Oct 2021 23:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24985

Actions (login required)

View Item View Item