Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Contexstual Teaching And Learning (CTL) Bagi Siswa Kelas IV SDB 01 Ngunut Jumantono Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Wahyuningsih, Etri and , Dr. Samino, MM. (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Contexstual Teaching And Learning (CTL) Bagi Siswa Kelas IV SDB 01 Ngunut Jumantono Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (602kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (313kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngunut Kecamatan Jumantono dengan pendekatan pembelajaran CTL. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subjeknya adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngunut Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan arsip, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar IPA tentang mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan pendekatan pembelajaran CTL.. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 56,80 dan siklus I mengalami peningkatan niai ratarata siswa 65,11 pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 74,50. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran IPA dengan penerapan pendekatan pembelajaran CTL.dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngunut Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil, belajar, pendekatan, pembelajaran, CTL.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Jul 2013 09:35
Last Modified: 25 Oct 2021 06:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24983

Actions (login required)

View Item View Item