Penerapan Pembelajaran Rme Dengan Strategi Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Lingkaran (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kartasura Tahun 2012/2013)

Sulistyarini, Dyah Ayu and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penerapan Pembelajaran Rme Dengan Strategi Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Lingkaran (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kartasura Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.Halaman_Depan.pdf

Download (436kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (318kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan menerapkan pembelajaran RME dengan strategi pembelajaran Means Ends Analysis bagi siswa kelas VIII B SMP N 1 Kartasura. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VIII SMP N 1 Kartasura sebagai subjek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpualan data penelitian, serta siswa – siswa kelas VIII B yang berjumlah 34 orang sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan berpikir kritis. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis pembelajaran RME dengan strategi pembelajaran Means Ends Analysis yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) menganalisis pernyataan sebelum tindakan 17,65%, dan di akhir tindakan menjadi 91,12% (2) memfokuskan pertanyaan sebelum tindakan 17,65%, dan di akhir tindakan menjadi 97,06% (3) menentukan solusi dan menuliskan jawaban/solusi dari permasalahan dalam soal sebelum tindakan 67,65%, dan di akhir tindakan menjadi 91,12% dan (4) menentukan kesimpulan dari solusi permasalahan sebelum tindakan 52,94%, dan di akhir tindakan menjadi 67,65%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran RME dengan strategi pembelajaran Means Ends Analysis dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi lingkaran siswa kelas VIII B SMP N 1 Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, RME, Means Ends Analysis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 08:41
Last Modified: 02 Nov 2021 22:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24981

Actions (login required)

View Item View Item