Perbedaan Hasil Belajar Biologi Dan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Teams Games Turnament Dengan Group Investigation Menggunakan Media Charta Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kerjo Karanganyar Semester II Tahun Ajaran 2012/2013

Astuti, Nur Dewi and , Drs. Djumadi, M.Kes (2013) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Dan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Teams Games Turnament Dengan Group Investigation Menggunakan Media Charta Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kerjo Karanganyar Semester II Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (672kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keaktifan biologi siswa kelas X pada pokok bahasan ekosistem dengan penerapan strategi pembelajaran Teams Games Turnament dan Group Investigation. Hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif dan afektif dilakukan selama tiga kali pertemuan. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen pendidikan yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antar kedua strategi pembelajaran yang diterapkan . Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 1 Kerjo Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kerjo Karanganyar. Sampel yang digunakan adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen I (Teams Games Turnamen), X5 sebagai ekasperimen II (Strategi pembelajaran Group Investigation) dan X3 sebagai Kontrol. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, observasi, dan postes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis yaitu normalitas dan homogenitas. Kemudian dilakukan uji lanjut hipotesis yang berupa uji non parametrik tes dengan menggunakan k-Independent Sample T Tes atau Kruskal Wallis test diperoleh nilai asyimp sig 832 > 0.05 pada postes pertama sehingga Ho diterima , 0.007 pada postes kedua dan 0.001 pada postes ketiga dengan taraf signifikasi 0.05, sehingga H0 ditolak. Pada penilaian afektif antara strategi Teams Games Turnament lebih unggul daripada Group Investigation. Jadi hasil belajar biologi dan keaktifan siswa pada materi ekosistem dengan strategi Teams Games Turnament dan Group Investigation terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Teams Games Turnament dengan rata-rata 74,9 lebih unggul daripada Group Investigation dengan rata-rata 73,6 pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kerjo Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Teams Games Turnament, strategi Group Investigation dan hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 06:32
Last Modified: 26 Oct 2021 15:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24970

Actions (login required)

View Item View Item