Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Tentang Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Malanggaten Kecamatan Kebakramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Sudarto, Sudarto and , Dra Sri Hartini, S.H.,M.Pd (2013) Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Tentang Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Malanggaten Kecamatan Kebakramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (273kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (479kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk untuk meningkatkan motivasi belajar IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Group Investigation pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Malanggaten. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru kelas IV SD Negeri 01 Malanggaten kecamatan Kebakramat Kabupaten Karanganyar sebanyak 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS tentang sumber daya alam melalui penerapan strategi group investigation dapat dilihat dari indikator: (1) Motivasi belajar siswa meliputi: (a) Mengerjakan tugas dengan hasil benar 6 siswa atau 43% sebelum tindakan, meningkat menjadi 12 siswa (75)% setelah tindakan; (b) Mengerjakan tugas dengan berusaha dan antusias tinggi yaitu hanya 8 siswa atau 57%; sebelum tindakan, meningkat menjadi 11 siswa (69%) setelah tindakan; (c) Mengerjakan tugas dari guru dengan hasil di atas ketuntasan hanya 10 siswa atau 71%; sebelum tindakan, meningkat menjadi 12 atau 75% siswa setelah tindakan; (d) Mengajukan pendapat saat menerima pertanyaan atau permasalahan dari guru hanya 10 siawa atau 71% sebelum tindakan, meningkat menjadi 13 siswa atau 81% setelah tindakan; dan (2) Hasil belajar siswa pada kondisi awal dari 14 siswa yang dapat mencapai ketuntasan hanya 5 siswa atau 36% dan yang belum tuntas sebanyak 9 siswa atau 64%. Sedangkan siklus II siswa yang mencapai taraf tuntas sebanyak 13 siswa atau 93% dan 1 siswa belum tuntas atau 7%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: group investigation, motivasi dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Jul 2013 06:28
Last Modified: 25 Oct 2021 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24969

Actions (login required)

View Item View Item