Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Melalui Team Assisted Individualization (TAI) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Kenampakan Bumi Dan Benda Langit Bagi Siswa Kelas IV Semester 2 DN 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2012/2013

Yusmita P.A., Fransiska and , Dra. Sri Arfiah, SH, M.Pd (2013) Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Melalui Team Assisted Individualization (TAI) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Kenampakan Bumi Dan Benda Langit Bagi Siswa Kelas IV Semester 2 DN 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (436kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (571kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan partisipasi siswa melalui penggunaan strategi pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam mata pelajaran IPA materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit bagi siswa kelas IV SDN 02 Ngijo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian menggunakan dua siklus, dalam setiap siklus meliputi tahap persiapan, observasi, implementasi tindakan, observasi dan interpretasi, dan refleksi. Tempat penelitian di Kelas IV SDN 02 Ngijo. Obyek penelitian ini berupa meningkatkan partisipasi siswa khususnya pada materi Perubahan Penampakan Bumi dan Benda Langit. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran TAI dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPA materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit di SDN 02 Ngijo. Hasil penelitian ditandai dengan dengan peningkatan hasil observasi yaitu hasil observasi partisipasi siswa meningkat dari 55,17% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi siswa, Team Assisted Individualization (TAI).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Jul 2013 06:22
Last Modified: 25 Oct 2021 04:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24968

Actions (login required)

View Item View Item