Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Menghitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw Di Kelas IV SDN 01 Ngijo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2012/2013

Wulandari, Sri Surani and , Dra. Sri Arfiah, SH, M.Pd (2013) Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Menghitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw Di Kelas IV SDN 01 Ngijo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN_RANI.pdf

Download (635kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas IV SDN 01 Ngijo yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi dan dukumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan membandingkan nilai keaktifan pada kondisi awal, setelah siklus satu dan setelah siklus dua kemudian direfleksi. Analisis data dari catatan lapangan, dokumentasi dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui empat tahapan dalam pembelajaran kooperatif type JIGSAW yang terdiri dari tahap diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok asal, presentasi hasil diskusi,dan penghargaan kelompok dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan prosentase keaktifan belajar siswa yang pada kondisi awal hanya 27.66%, pada tes siklus I 42.27% dan pada silkus ke II menjadi 67.67%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: JIGSAW, Kelompok Asal, Kelompok Ahli
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jul 2013 08:50
Last Modified: 25 Oct 2021 04:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24967

Actions (login required)

View Item View Item