Peningkatan Kreativitas Belajar IPS Melalui Strategi Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Nangsri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013

Winarno, Heru and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Kreativitas Belajar IPS Melalui Strategi Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Nangsri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_Publikasi_ilmiah.pdf

Download (511kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (644kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode Mind Mapping pada siswa Kelas IV SD N 03 Nangsri Kebakkramat khususnya. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N 03 Nangsri Kebakkramat. Obyek penelitian ini adalah kreatifitas belajar IPS melalui metode Mind Mapping. Penelitian ini akan bermanfaat bagi SDN 03 Nangsri Kebakkaramat pada umumnya,guru serta siswa pada khususnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi kondisi awal sebelum penggunaan metode mind Mapping kreatifitas sisswa masih sangat rendah dan tertinggi baru 30% dan hasil belajar yang sama dan di atas KKM baru 42% dengan rata-rata nilainya 60 Pada siklus I pertemuan I setelah dilakukan tindakan awal ada peningkatan kreatifitas siswa tertinggi 54 % dan hasil belajar dengan hasil nilai rata-rata 62. Pada pertemuan II kreatifitas tertingggi 62 % dan hasil belajar dengan nilai rata-rata 68. Karena belum mencapai indicator yang diharapakan dilakukan tindakan berikutnya. Pada siklus II hasil observasi kreatifitas siswa tertinggi 88% dengan hasil nilai rata-rata 80. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan dengan strategi Mind Mapping dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV sdn 03 Nangsri Kebakkramat tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas Belajar IPS, strategi Mind Mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jul 2013 08:22
Last Modified: 25 Oct 2021 04:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24965

Actions (login required)

View Item View Item