HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN SIKAP MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI PADA PERUSAHAAN OTOBUS (PO) ROSALIA INDAH SURAKARTA

PERMANA , DEDDI HANGGA (2008) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN SIKAP MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI PADA PERUSAHAAN OTOBUS (PO) ROSALIA INDAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100030263.pdf

Download (92kB)
[img] PDF
F100030263.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)

Abstract

Kondisi perekonomian Indonesia mengalami perkembanngan cukup baik di segala bidang, hal ini dapat ditunjukkan dengan semakin banyaknya perusahaan industri dan jasa yang bermunculan. Semua perusahaan bersaing untuk mempertahankan eksistensi atau kelangsungan hidup perusahaan nya. Sementara di sisi lain banyak pula perusahaan yang tidak mampu bertahan yang diakibatkan oleh adanya permintaan konsumen yang menurun atau karena perubahab kondisi ekonomi dan pilitik. Adapun penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai (1) Mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan sikap menggunakan jasa transportasi Perusahaan Otobus Rosalia Indah. (2) Mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan sikap dengan jasa transportasi Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kualitas pelayanan (keamanan, kebersihan dan fasilitas) dengan sikap menggunakan jasa transportasi pada Perusahaan Otobus Rosalia Indah. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan cara memasukkan responden yang mudah ditemui sebagi sampel penelitian. Ada hubunga n positif yang sangat signifikan antara kualitas pelayanan dengan sikap menggunakan jasa transportasi, hal ini dapat diketahui dari rxy = 0,984 dengan p<0,01. Artinya semakin tinggi kualitas pelayanan, maka semakin tinggi sikap menggunakan jasa transportasi. Dapat disimpulkan bahwa jika kualitas pelayanan meningkat, maka semakin tinggi kecenderungan responden untuk menggunakan jasa transportasi. Kesimpulan penelitian ini adalah hubungan yang sangat positif antara kualitas pelayanan dengan meggunakan jasa dan kualit as pelayanan dengan perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: JASA TRANSPORTASI PADA PERUSAHAAN OTOBUS (PO)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jun 2009 08:14
Last Modified: 16 Nov 2010 22:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2496

Actions (login required)

View Item View Item