Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Pada Anak Kelompok A TK ABA Cepitsari Cangkringan Sleman Yogyakarta Tahun 2012-2013

Marseni, Marseni (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Pada Anak Kelompok A TK ABA Cepitsari Cangkringan Sleman Yogyakarta Tahun 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (290kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Lampiran.pdf

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelas A melalui metode bercerita dengan boneka tangan TK ABA Cepitsari tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelompok A TK ABA Cepitsari yang berjumlah 23 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan bercerita dengan boneka tangan, Wawancara yang digunakan antara peneliti dengan anak dan berdokumentasi dalam penelitian ini yaitu daftar anak foto bercerita dengan boneka tangan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data di analisis secara deskriptif kuantitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kemampuan berbahasa anak kelompok A TK ABA Cepitsari tahun pelajaran 2012/2013 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu anak yang dapat berkomunikasi dengan lancar sebesar 40,78% setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan pada proses pembelajaran kemampuan berbahasa anak diperoleh hasil yaitu siklus I menjadi 62,72%, siklus II meningkat menjadi 70,50% dan siklus III meningkat menjadi 83,71%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan menyatakan “ dengan menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok A TK ABA Cepitsari tahun pelajaran 2012/2013 “terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Boneka tangan, metode bercerita, kemampuan berbahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jul 2013 10:57
Last Modified: 19 Jul 2013 10:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24946

Actions (login required)

View Item View Item