Pengaruh Intelegensi Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Dirganta W.P, Landung and , Drs.Joko Suwandi, S.E, M.Pd and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag (2013) Pengaruh Intelegensi Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (525kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh intelegensi belajar terhadap prestasi belajar siswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh intelegensi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 sawit yang telah menempuh mata pelajaran ekonomi siswa dengan sampel sebanyak 125 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 21,105+ 0, 408X1 +0, 474X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh intelegensi dan disiplin belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan intelegensi terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 sawit. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,960 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 12,7 %; 2) Ada pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 sawit. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,777 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 11,7 %; 3). Ada pengaruh yang signifikan intelegensi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 sawit. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 19,701 > 3,071 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,244. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,244 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara intelegensi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 24,4 % sedangkan 75,6 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: intelegensi, disiplin belajar, prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2013 10:51
Last Modified: 29 Oct 2021 09:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24934

Actions (login required)

View Item View Item