Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010/2011

Isnawati, Nina and , Drs.Samian,M.M and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag (2013) Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (476kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (716kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (269kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (205kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kreativitas Belajar terhadap Kemandirian Belajar. 2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar. 3) Secara bersama-sama pengaruh Kreativitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kwantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010 yang berjumlah 190 mahasiswa dengan sampel sebanyak 123 yang diambil dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 10,163 + 0,452X1 + 0,349X2, artinya kemandirian belajar dipengaruhi oleh kreativitas belajar dan motivasi belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) kreativitas belajar berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kreativitas belajar 5,456 sehingga thitung > ttabel atau 5,456>2,270 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (2) motivasi belajar berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel motivasi belajar sebesar 4,478 sehingga thitung > ttabel atau 4,478>2.270 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (3) kreativitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar mahasiswa belajar Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 36,181>Ftabel 3,072 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.376, berarti 37,6% kemandirian belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel kreativitas belajar dan motivasi belajar, sisanya sebesar 62,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar, motivasi belajar, kemandirian belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2013 10:45
Last Modified: 29 Oct 2021 09:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24932

Actions (login required)

View Item View Item