Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika – Matematika Anak Melalui Permainan Flashcard Dan Dotcard Pada Anak Kelompok B RA Islam Irmas Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Widarningsih, Tri and , Dr. Darsinah, S.E, M.Si (2013) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika – Matematika Anak Melalui Permainan Flashcard Dan Dotcard Pada Anak Kelompok B RA Islam Irmas Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika-matematika anak melalui permainan Flashcard dan Dotcard pada anak kelompok B RA Islam IRMAS Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B3 RA Islam IRMAS Sukoharjo. Data penelitian adalah kecerdasan logika-matematika anak dan data kegiatan pembelajaran dengan penerapan permainan Flashcard dan Dotcard. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Pedoman observasi digunakan untuk observasi kecerdasan logika-matematika anak dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran guru, sedangkan pedoman wawancara dan pedoman catatan lapangan digunakan sebagai pendukung. Analisis data menggunakan analisis komparatif yaitu membandingkan hasil amatan kecerdasan logika-matematika anak dengan indikator pencapaian pada setiap siklus, sedangkan untuk hasil amatan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan permainan Flashcard dan Dotcard dilakukan analisis interaktif meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan logika-matematika anak sebelum tindakan 58,53%, meningkat pada siklus I menjadi 75,40%, dan pada siklus II mencapai 88,49%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa “melalui permainan Flashcard dan Dotcard dapat meningkatkan kecerdasan logika-matematika pada anak kelompok B RA Islam IRMAS Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Logika-Matematika, Permainan Flashcard dan Dotcard
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2013 09:45
Last Modified: 25 Oct 2021 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24922

Actions (login required)

View Item View Item