Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Seri Pada Kelompok B Di TK Aisiyah Joton III Jogonalan Klaten Tahun 2012/2013

Temu, Temu and , Dr. Hj. Darsinah, SE,.M.Si (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Seri Pada Kelompok B Di TK Aisiyah Joton III Jogonalan Klaten Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (194kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_PDF.pdf

Download (447kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita dengan gambar seri pada kelompok B di TK Aisiyah Joton III Jogonalan Klaten Tahun 2012/2013. Metode bercerita dengan gambar seri dibatasi pada 4-6 gambar. Kemampuan berbahasa anak dibatasi pada bercerita. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisiyah Joton III Jogonalan Klaten yang berjumlah 32 anak dan guru yang berjumlah 4 orang. Dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara Kepala Sekolah, guru dan peneliti yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data dan analisa data. Data kemampuan berbahasa anak dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Analisa data dilakukan dengan analisa komparatif dan analisa interaktif. Analisa komparatif yaitu membandingkan hasil pencapaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Analisa interaktif dilakukan dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi, display dan menarik kesimpulan. Hasil analisa data menunjukkan bahwa anak terjadi pengembangan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita dengan gambar seri. Hal ini dapat diketahui pada peningkatan setiap siklus yaitu siklus I 73,24% dan siklus II 91,02%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bercerita dengan gambar seri dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita Gambar Seri, Kemampuan Berbahasa Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jul 2013 10:40
Last Modified: 29 Oct 2021 22:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24920

Actions (login required)

View Item View Item