Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Gambar Pada Anak Kelompok B TK Kristen Kridawita Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Sukatirah, Sukatirah and , Dra. Sri Gunarsi, SH.MH. (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Gambar Pada Anak Kelompok B TK Kristen Kridawita Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI.pdf

Download (146kB)

Abstract

Tujuan penelitian: (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca kata anak Kelompok B TK Kridawita Klaten tahun pelajaran 2012/2013 melalui penggunaan media gambar, (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca kata anak Kelompok B TK Kristen Kridawita, Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian adalah guru/peneliti, kolaborator, dan semua anak kelompok B TK Kristen Kridawita Klaten tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes tertulis dan wawancara. Sumber data adalah (1) guru yang menerapkan pembelajaran menggunakan media gambar dalam pembelajaran dan (2) anak kelompok B TK Kristen Kridawita Klaten tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 anak, dengan rincian 10 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik analisis data menggunakan. Analisis dilakukan beberapa tahap sebagai berikut: (1) Menjumlahkan skor yang dicapai anak pada setiap butir amatan hingga delapan indikator yang telah direncanakan, (2) Membuat tabulasi skor observasi peningkatan kemampuan membaca kata anak melalui menggambar bebas dari nomor, nama anak, butir anmatan, jumlah skor, (3) Menghitung Nilai menggunakan prosentase, dan (4) Membandingkan hasil prosentase pencapaian pada setiap anak dengan prosentase keberhasilan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian berupa kesimpulan bahwa (1) penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca kata anak Kelompok B TK Kristen Kridawita, Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Ini terbukti dari adanya kenaikan hasil tes tertulis dari rata-rata 69,3 pada kondisi awal menjadi 80,5 pada siklus I dan menjadi 93,4 pada siklus II, dan (2) Penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca kata anak membuat pembelajaran menjadi lebih efektif bagi anak Kelompok B TK Kristen Kridawita, Klaten tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Kata, Media Gambar, Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jul 2013 08:12
Last Modified: 29 Oct 2021 22:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24912

Actions (login required)

View Item View Item