Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Barang Bekas Pada TK 03 Kaliwuluh Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Munawaroh, Munawaroh (2013) Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Barang Bekas Pada TK 03 Kaliwuluh Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (479kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (514kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui melalui metode bercerita dengan media barang bekas dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak Taman Kanak-kanak 03 Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh anak yang berada di Taman Kanak-Kanak 03 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 14 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa Kemanpuan bercerita anak Taman Kanak-kanak 03 Kaliwuluh Karanganyar pada pra siklus anak yang dinyatakan tuntas ada 5 anak dari 14 anak (35,71 %), sedangkan yang belum tuntas ada 9 anak dari 14 anak (64,29 %). Pada siklus I dinyatakan tuntas ada 10 anak dari 14 anak (71,43 %), sedangkan yang belum tuntas ada 4 anak dari 14 anak (28,57 %). Kemanpuan bercerita anak Taman Kanak-kanak 03 Kaliwuluh Karanganyar pada siklus II dinyatakan tuntas ada 13 anak dari 14 anak (92,86 %), sedangkan yang belum tuntas ada 1 anak dari 14 anak (7,14 %). Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui pembelajaran dengan pemanfaatan barang bekas dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak di Taman Kanak-kanak 03 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/ 2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan, Kemampuan Bercerita , Pemanfaatan Barang Bekas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jul 2013 07:44
Last Modified: 18 Jul 2013 07:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24910

Actions (login required)

View Item View Item