Upaya Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Melalui Kegiatan Bermain Angklik (Sunda Manda) Di TK Aisyiyah Kebak, Kebakkramat Karanganyar Tahun 2013

Harnani, Harnani (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Melalui Kegiatan Bermain Angklik (Sunda Manda) Di TK Aisyiyah Kebak, Kebakkramat Karanganyar Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (727kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (721kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah tujuan umum adalah untuk mendiskripsikan upaya meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak melalui kegiatan bermain angklik atau sunda manda pada TK Aisyiyah Kebak, Kebakkramat Karanganyar tahun 2013. dan tujuan khusus adalah mengetahui seberapa besar meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak melalui kegiatan bermain angklik atau sunda manda pada TK Aisyiyah Kebak, Kebakkramat Karanganyar tahun 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah sebagian anak yang berada di Taman Kanak-Kanak Kemiri 01 Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara mendalam observasi partisipan, dokumentasi dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa kemampuan bersosialisasi anak Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kebak Kebakkramat Karanganyar sebelum pelaksanaan penelitian yang menunjukkan ketuntasan ada ada 7 anak dari 20 anak (35%), sedangkan yang belum tuntas ada 13 anak dari 20 anak (65%). Sedangkan pada siklus I dinyatakan tuntas ada 12 anak dari 20 anak (60 %), sedangkan yang belum tuntas ada 8 anak dari 20 anak (40 %). Kemampuan bersosialisasi anak anak Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kebak Kebakkramat Karanganyar pada siklus II dinyatakan tuntas ada 17 anak dari 20 anak (85 %), sedangkan yang belum tuntas ada 3 anak dari 20 anak (15 %). Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui pembelajaran dengan permainan tradisional sunda manda dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kebak Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/ 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengembangkan, kemampuan bersosialisasi, Permainan Sunda Manda
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jul 2013 07:25
Last Modified: 18 Jul 2013 07:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24906

Actions (login required)

View Item View Item