Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Keberanian dan Hasil Belajar Matematika ( PTK Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Surakarta 1 Tahun 2012/2013 )

Sari, Febri Mustika (2013) Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Keberanian dan Hasil Belajar Matematika ( PTK Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Surakarta 1 Tahun 2012/2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (533kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (263kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (516kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keberanian dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs N Surakarta 1 melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII MTs N Surakarta 1 yang berjumlah 38 siswa dan obyek penelitian adalah keberanian dan hasil belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh; 1) Peningkatan keberanian siswa dalam pembelajaran matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator yang meliputi, antara lain: a) Kemampuan mencoba hal-hal baru, sebelum dilakukan tindakan sebesar 10,53% dan setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 65,79%, b) Kemampuan mengemukakan pendapat, sebelum dilakukan tindakan sebesar 15,79% dan setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 68,42%, c) Kemampuan mengendalikan rasa takut, sebelum dilakukan tindakan sebesar 7,89% dan setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 63,16%, d) Kemampuan menghadapi tantangan, sebelum dilakukan tindakan sebesar 5,26% dan setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 60,53%; 2) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang memenuhi nilai ≥ 65, sebelum dilakukan tindakan sebesar 39,47% dan setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 73,68%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keberanian dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keberanian, hasil belajar, Problem Solving, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2013 07:01
Last Modified: 18 Jul 2013 09:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24904

Actions (login required)

View Item View Item