Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams–Achievement Division (STAD) (PTK Pada Standar Kompetensi Memahami Konsep Segiempat dan Segitiga serta Menentukan Ukurannya Kelas VII D SMP Negeri 3 Delanggu Tahun Ajaran 2012/2013)

Retnowati, Aprilia and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams–Achievement Division (STAD) (PTK Pada Standar Kompetensi Memahami Konsep Segiempat dan Segitiga serta Menentukan Ukurannya Kelas VII D SMP Negeri 3 Delanggu Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (529kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan pemahaman konsep matematika dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Delanggu yang berjumlah 34. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep matematika. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) siswa aktif mengajukan pertanyaan 74,19%, 2) siswa aktif menjawab pertanyaan 83,87%, 3) siswa aktif mengerjakan tugas dan berani maju di depan kelas 83,87%, 4)siswa berani menyanggah atau menyetujui ide teman 77,42%, 5) siswa mampu menjawab soal dengan benar 90,32%, 6) siswa mampu memberikan tanggapan jawaban siswa lain dengan benar 77,42%, 7) siswa mampu membuat kesimpulan 90,32%. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa dan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan siswa, Pemahaman Konsep matematika, Cooperative Learning tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2013 06:49
Last Modified: 02 Nov 2021 22:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24902

Actions (login required)

View Item View Item